DORONG PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH, PEMKOT CIMAHI GELAR PEMBINAAN PENGELOLA PASAR RAKYAT

CIMAHI,-tutwurihandayani.my.id – DISKOMINFO. Upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah diwujudkan salah satunya dengan memberikan dukungan pada pasar rakyat untuk tumbuh, maju dan berkembang mengikuti tren, salah satunya adalah melalui digitalisasi pasar rakyat. Membantu para pelaku usaha di pasar rakyat Kota Cimahi, Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM, dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi menyelenggarakan pembinaan Pengelola Pasar Rakyat, Jumat (17/05). Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Cimahi Technopark ini diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari pengelola pasar, paguyuban pasar di tiap pasar rakyat dan unsur aparat pengelola pasar di tujuh pasar yang ada di Kota Cimahi.

Sekretaris Dinas Disdagkorperin Kota Cimahi Taufik Ahmad Taryadi menyampaikan tujuan dilaksanakaannya kegiatan Pembinaan Pengelola Pasar Rakyat Kota Cimahi selain untuk mendorong terlaksananya digitalisasi pasar rakyat adalah untuk meningkatkan daya saing antara pasar rakyat dengan pasar modern, menciptakan kenyamanan bagi para pedagang dan konsumen dalam melaksanakan transaksi jual beli, menjalin kerjasama kemitraan dalam hal pengingkatan pengelolaan pasar, serta untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di pasar rakyat, melalui Program Sekolah Pasar sebagai bentuk dorongan Pemerintah Daerah Kota Cimahi untuk menambah pengetahuan dan kompetensi pengelola pasar agar dapat bersaing dengan pasar modern.

Senada dengan Taufik, Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan menyebutkan tujuan dilaksanakannya pembinaan bagi para pengelola pasar rakyat adalah untuk mendukung perkembangan pasar rakyat agar tidak tertinggal oleh pasar modern atau e-comerce, “Kenapa ini dilakukan tentu dengan harapan para pengelola pasar rakyat ini bisa berhasil dalam profesinya kita berharap pertumbuhan pasar rakyat yang ada di Cimahi bisa semakin berkembang dan tentu ini menjadi PR bagi kami pemerintah daerah agar keberadaan pasar modern tidak memberikan dampak pada pasar tradisional,” ungkapnya.
Dikdik juga menyebutkan bahwa pasar rakyat merupakan salah satu komponen penting dalam roda ekonomi daerah. Salah satu cara agar pasar rakyat dapat bertahan di tengah gempuran e-comerce adalah dengan melakukan digitalisasi pasar rakyat. Pemerintah pusat pun sangat mendorong agar pasar rakyat dapat terus berkembang mengikuti perkembangan jaman yang beralih ke era digital.
“Seluruh pasar rakyat diharapkan dapat menjadi pasar digital, dimana untuk menuju proses pasar digital sangat dibutuhkan kerjasama dan peran serta pengelola dan paguyuban pasar rakyat untuk memberikan edukasi dan dorongan kepada para pedagang pasar rakyat yang ada di Kota Cimahi untuk beralih ke pasar digital,” tutur Dikdik.
Ia menyatakan pihaknya berkomitmen untuk membantu pemulihan ekonomi para pedagang pasar rakyat dengan memperbaiki pengelolaan dan digitalisasi pasar rakyat. Menurutnya agar pasar rakyat dapat ramai pengunjung di perlukan pengelolaan pasar yang baik sehingga pengunjung pasar rakyat dapat merasa nyaman dan aman untuk berbelanja di pasar rakyat.

Terkait perubahan budaya berbelanja masyarakat, Dikdik beranggapan hal itu harus dijadikan sebagai motivasi bagaimana perubahan yang terjadi saat ini menuntut setiap orang untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital.
“Dunia digital seharusnya bisa kita manfaatkan dalam rangka pengembangan usaha, kita mengenal yang namanya juga marketing atau marketplace Kenapa tidak kita manfaatkan hal seperti itu, hanya barangkali dituntut untuk para pedagang ini paham tentang hal itu, dan untuk itu kami pun dari pemerintah kota menyediakan fasilitas tersebut. Di sini juga ada komunitas yang tepat memiliki minat bakat untuk pengembangan teknologi, silahkan bangun kerjasama yang baik agar dapat mengoptimalkan penjualan melalui internet,” tutur Dikdik.
Dikdik berharap dengan diadakannya kegiatan Pembinaan Pengelola Pasar Rakyat ini para pengelola dan paguyuban pasar dapat menjalin kerjasama kemitraan dalam hal peningkatan pengelolaan pasar dan ikut serta mendorong para pedagang pasar rakyat untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungan dan keamanan pangan yang di jual di pasar, “Kami berharap kepada semua pihak dapat terus bekerjasama dengan kami guna memajukan pasar rakyat di Kota Cimahi,” tandasnya. (Bidang IKPS)

.Tego.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *