Pahami Kendala Yang Dihadapi, Satgas Yonif 310 Bantu Warga Carikan Kayu Bakar*

Pegunungan Bintang ~ tutwurihandayani.my.id – Jalin kedekatan dan silaturahmi serta pahami kesulitan warga di perbatasan, Pos Batom Satgas Yonif 310/KK membantu Lukas (71) mencari kayu bakar dalam memenuhi kebutuhannya untuk memasak di Kampung Batom 2, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin (20/5/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas, bahwa Satgas Yonif 310/KK selalu meningkatkan kegiatan teritorialnya untuk menjalin kedekatan dan silaturahmi yang baik kepada masyarakat Papua. Kali ini kegiatan pembinan teritorial yang dilaksanakan adalah membantu warga mencari kayu bakar untuk kebutuhan memasak

Menurut Letkol Inf Andrik Fachrizal, tingginya penggunaan kayu untuk bahan bakar memasak di Papua disebabkan oleh sejumlah faktor. Faktor tersebut antara lain adalah faktor ekonomi, budaya, hingga faktor lingkungan.

Faktor ekonomi adalah salah satu faktor utama, dimana masyarakat tidak banyak yang mampu membeli kompor dan gas LPG. Selain itu, masyarakat juga masih banyak yang tinggal di wilayah rural, dimana masih banyak kebun atau hutan yang menyediakan banyak kayu bakar untuk memasak.

Diungkapkan, Lukas (71) hanya tinggal berdua bersama istrinya Wai Kini (63), sedangkan anaknya sudah berkeluarga dan tinggal didaerah yang berbeda yang jaraknya cukup jauh. Dengan kondisinya yang sudah tua, Lukas tak mampu lagi berkativitas berat. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, istrinya berkebun yang lokasinya masih terjangkau dan relatif dekat dengan rumah.

Dalam pelaksanaannya, Danpos (Komandan Pos) Batom, Letda Inf Eko Effendi berserta anggotanya mengajak 2 (dua) pemuda kampung untuk membantu menunjukan tempat dimana terdapat banyak kayu kering yang bisa digunakan untuk dijadikan kayu bakar.

“Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjalin keakraban dengan warga, seperti yang kita lakukan hari ini. Semoga keberadaan Satgas Yonif 310/KK ditengah-tengah lingkungan masyarakat perbatasan, dapat menjadi solusi, memberikan manfaat serta dampak positif,” tambah Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Atas bantuan yang diberikan, Wai Kini (63) mengucapkan terima kasihnya kepada personil Satgas yang sudah membantu dirinya untuk mencari kayu bakar.

“Anak-anak TNI (personil Satgas) sangat baik sekali, mereka rutin berkunjung untuk menanyakan kabar kita disini. Suami saya memang sudah tua dan sering sakit-sakitan, dengan bantuan anak-anak TNI, saya sangat terbantu,” tutur Wai Kini.

Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.  (Tego.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *