Kepedulian Satgas Yonif 310/KK dalam Membangun Infrastruktur di Wilayah Perbatasan Papua

KEEROM, TUTWURIHANDAYANI.MY.ID — Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesulitan masyarakat perbatasan, Satgas Yonif 310/KK memberikan bantuan untuk membangun Rumah Daya dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Puskesmas Kampung Towe Hitam, Distrik Towe, Kabupaten Keerom, Papua, pada Jumat (18/08/2023).

PLTS adalah sistem pembangkit listrik yang menggunakan sinar matahari melalui konversi sel fotovoltaik. PLTS dapat mengubah energi foton matahari menjadi energi listrik yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Energi listrik ini dapat digunakan untuk menyalakan peralatan elektronik dan lainnya, selain memiliki dampak positif pada lingkungan. Keberadaan PLTS dapat membantu menjaga ekosistem bumi.

Distrik Towe terletak di wilayah pedalaman Papua dan berbatasan dengan RI-PNG. Warga distrik ini mengalami berbagai kesulitan, salah satunya adalah keterbatasan pasokan listrik.

Dalam upaya mengatasi kesulitan tersebut, Satgas Pamtas Yonif 310/KK mengambil inisiatif untuk membangun Rumah Daya dan PLTS di Puskesmas Towe.

Komandan Satgas Yonif 310/KK, Letkol Inf Andrik Fachrizal, menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kepedulian mereka terhadap kesulitan warga perbatasan. Ia juga menekankan pentingnya kesadaran untuk membantu warga dalam menghadapi tantangan tersebut.

Danpos Towe Hitam, Letda Inf Andri Budi, yang memimpin langsung pembangunan, menambahkan bahwa tujuan pembangunan Rumah Daya dan PLTS adalah agar masyarakat dapat mengakses perawatan medis dengan mudah dan tanpa hambatan. Keberadaan PLTS juga akan membantu penerangan di sekitar puskesmas.

Dengan bantuan 10 personel Satgas dan teknisi, pembangunan ini berhasil diselesaikan dalam waktu 4 hari.

Kepala Puskesmas Towe, Alpius Wakur Amd. Kep (40), mengapresiasi pembangunan ini dan berterima kasih atas dukungan Pos Satgas Yonif 310/KK di Towe Hitam. Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu penanganan medis bagi warga Towe Hitam di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *