Pj Walikota Cimahi Berikan Penghargaan kepada Tim Penggerak Ompimpah, Ini Penerimanya

Penjabat Walikota Cimahi Dicky Saromi foto bersama penerima penghargaan Grak Ompimpah. (Foto:ist)

Th, – CIMAHI.- Penjabat Walikota Cimahi, Dicky Saromi memberikan berbagai penghargaan dalam katagori pengolahan Gerakan Orang Cimahi Pilah Sampah (Grak-Ompimpah).

Pemberian penghargaan dan uang kadeudeuh Grak Ompimpah tersebut kepada Kelurahan Cibabat, Kelurahan Cipageran, Kelurahan Citeureup, Kelurahan Pasirkaliki, Kelurahan Setiamanah, Kelurahan Karangmekar, Kelurahan Baros, Kelurahan Padasuka, Kelurahan Cigugur Tengah, Kelurahan Cimahi, Kelurahan Leuwigajah, Kelurahan Cibeber, Kelurahan Utama, Kelurahan Melong dan Kelurahan Cibeureum, di Gedung Technopaek Cimahi Selatan Jumat (22/12/2023).

Di samping itu DLH Kota Cimahi juga memberikan penghargaan kepada Media IJTV yang bekerjasama dalam pembuatan video Grak Ompimpah.

Menurut Dicky, bahwa pemerintahan Kota Cimahi dengan digelarnya kegiatan pemberian penghargaan bagi kekurahan-kelurahan yang secara bijak melakukan pengolahan sampah sebagai kesemangatan setiap RW dengan Grak Ompimpah yang dihargai.

“Saya sangat mengapresiasi tehadap Dinas Lingkungan Hidup yang dipimpin oleh Ibu Rini, dengan diadakannya lomba Grak Ompimpah dan Wisudawan peserta pelatihan akademi Bijak Sampah,” ungkap Dicky.

Hal ini kata Dicky sebagai kepedulian bersama dalam pengolahan sampah.

“Apalagi setelah adanya masalah di TPA Sarimukti, sebagai kejadian yang harus kita atasi bersama, yaitu dengan cara yang kita lakukan bersama, ternyata hasilnya signifikan. Kita semakin berkurang ketergantungannya kepada TPA Sarimukti,” kata Dicky.

Bahkan Dicky sangat yakin bila pada tahun 2024 TPA Santiong selesai dibangun dan dapat beroperasi.

“Kita akan semakin Zero TPA, dan kami sangat optimis sekali, sekarang kita semakin berkurang untuk membuang sampah ke TPA Sarimukti,” ucapnya.

Begitu pula yang disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Chanifah Listyarini yang akrab dipanggil Rini. Dalam sambutannya menjelaskan, DLH Kota Cimahi telah mengikuti sekolah bijak sampah atau Akademi Bijak Sampah untuk para kader-kadernya dilingkungan DLH Kota Cimahi.

“Kenapa saya berbicara bijak sampah, jadi dalam pengolahan sampah harus secara bijak, jadi dalam peribahasanya adalah sampahku adalah tanggung jawabku,” terang Rini.

Jadi dengan pengolahan sampah secara bijak, bersama pemerintah untuk lebih baik lagi.

“Kami juga akan mencoba melakukan komposting ditiap-tiap RT dan RW, melalui Bank Sampah,” tandas Dia.

Hadir dalam acara tersebut, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Budi Raharja, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi Chanifah Listyarini Kepala Bappenda Mochamad Roni, Kepala Dispangtan Tita Mariam, Kepala Dinas Kesehatan, Mulyati, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Nana Suyatna Lurah-lurah se Kota Cimahi. (Tego)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *